Senin, 05 Maret 2012

Identifikasi Kompetensi Dasar

Setelah memahami ciri-ciri dan karakteristik penilaian maka selanjutnya dijelaskan mengenai prosedur penilaian. Yang pertama adalah mengidentifikasi kompetensi dasar dan ini merupakan acuan untuk menentukan tujuan. Apa indikatornya jika kompetensi dasar itu tercapai? Jadi penjabaran dari standar kompetensi ke kompetensi dasar dapat diteruskan ke indikator. Dalam penilaian harus diidentifikasi kompetensi dasar apa yang harus dikuasai oleh peserta didik.
Standar kompetensi pada umumnya dirumuskan dengan kata kerja yang operasional. Jumlah standar kompetensi untuk satu mata pelajaran bervariasi antara 6 sampai 15 buah. Kata kerja yang digunkan dalam standar kompetensi yang tidak operasional misalnya mengetahui, memahami dsb, sedangkan kata kerja yang operasional misalnya: menafsirkan, menganalisis, mengevaluasi, membandingkan, mendemon-strasikan dsb.
Ditinjau dari cakupan materi dan kata kerja yang digunakan standar kompetensi itu masih umum sehingga perlu dijabarkan menjadi sejumlah kompetensi dasar yang sering disebut dengan kemampuan minimum. Cakupan materi pada kompetensi dasar lebih sempit daripada standar kompetensi. Dan kata kerja yang digunakan adalah kata kerja yang operasional misalnya menghitung, merangkum, menerapkan dsb. Jika kompetensi dasar sudah dapat diidentifikasi maka selanjutnya mencari kompetensi dasar yang mana atau yang mana saja yang akan dievaluasi.

credit: Alim Sumarno, M.Pd
source: http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/identifikasi-kompetensi-dasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar